Minggu, 08 Januari 2017

Kanker Ovarium Berawal Dari Kista

Kanker Ovarium Berawal Dari Kista - Kista ovarium sangat umum. Itu adalah pembengkakan berisi cairan pada permukaan ovarium. Anda bisa mendapati itu sebelum dan setelah menopause, tetapi kenhyataannya itu lebih sering terjadi pada wanita yang lebih muda. Anda dapat memiliki satu atau lebih kista pada satu ovarium (unilateral) atau kedua ovarium (bilateral).

Kanker Ovarium Berawal Dari Kista
Kanker Indung Telur (Kanker Ovarium)
Kebanyakan kista tidak bersifat Kanker Ovarium (jinak) dan tidak akan menjadi Kanker Ovarium. Banyak penelitian telah melihat cara terbaik untuk mengobati kista ovarium. Di masa lalu, operasi untuk mengangkat kista adalah pilihan pengobatan. Tetapi studi menunjukkan bahwa pemantauan rutin kista, menggunakan USG dan tes darah, adalah mungkin bagi kebanyakan wanita.

Kanker Ovarium, Cara Uji Tesnya

Jika Anda memiliki kista ovarium Anda mungkin memiliki tes darah rutin untuk memeriksa protein yang disebut CA125. Protein ini biasanya ditemukan di dalam darah tetapi kadarnya dapat meningkat pada wanita dengan kanker ovarium . Ini bukan tes khusus untuk Kanker Ovarium, CA 125 dapat naik karena kondisi lain, termasuk :

  1. Kista ovarium
  2. Infeksi panggul atau perut
  3. Endometriosis – suatu kondisi di mana lapisan rahim (endometrium) tumbuh di luar tubuh rahim
  4. Peradangan hati (hepatitis)
  5. Kehamilan

Tergantung pada apa yang tampak seperti kista pada scan ultrasound, wanita di bawah 40 mungkin memiliki tes darah untuk memeriksa kadar laktat dehidrogenase (LDH), protein alpha feta (AFP) dan human chorionic gonadotropin (HCG). Tingkat bahan kimia ( tumor marker ) dalam darah kadang-kadang diangkat dalam jenis kanker ovarium yang disebut tumor sel germinal.

Kanker Ovarium Deteksi Dengan UK Pedoman Kista Ovarium

The Royal College of Obstetricians dan Gynaecologists (RCOG) memiliki pedoman bagi dokter untuk mengikuti ketika merawat wanita yang telah menopause dan yang memiliki kista ovarium. Mereka merekomendasikan bahwa dokter memantau para wanita menggunakan CA125 tes dan USG. Tapi ini dapat bervariasi tergantung pada Ukuran dari kista Apa yang mereka terlihat seperti pada scan dan Apakah mereka berubah dari waktu ke waktu.

Pedoman mengatakan risiko terjadinya Kanker Ovarium sangat rendah jika Anda memiliki kista kecil di satu ovarium (lebar kurang dari 5 cm). Lebih dari setengah ini kista akan menghilang sendiri dalam waktu 3 bulan. RCOG menyarankan tindak lanjut ultrasonografi 4 bulan setelah kista telah pergi.

RCOG baru-baru ini menghasilkan pedoman tentang perawatan wanita pra menopause dengan massa ovarium (benjolan). Mereka mengatakan bahwa hampir semua kista ovarium pada wanita menopause pra tidak bersifat Kanker Ovarium. Jenis yang paling umum dari kista, yaitu kista fungsional , biasanya akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 3 bulan, terutama jika mereka kurang dari 5 cm lebar. 

Mereka berpendapat bahwa tindak lanjut untuk para wanita biasanya tidak diperlukan.Namun wanita dengan kista antara 5cm dan 7cm harus memiliki USG setiap tahun untuk memantau kista. Dan orang-orang dengan kista yang lebih besar harus memiliki MRI scan atau pembedahan.

Dokter biasanya akan ingin melakukan operasi untuk mengangkat kista yang belum pergi atau sudah mendapat lebih besar dari waktu ke waktu. Untuk melakukan hal ini, dokter biasanya akan menyarankan Anda memiliki laparoskopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar